Dialog Antar Agama, Antisipasi Konflik Jelang Pemilu

Antisipasi Konflik Lintas Agama Jelang Pemilu, Kemenag KLU Gelar Dialog Antar Agama

Kampungmedia KLU - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lombok Utara mempertemukan para tokoh – tokoh penting di kabupaten Lombok Utara dalam agenda kegiatan Dialog Lintas Agama Dan Budaya yang diselenggarakan di Lesehan Sasak Narmada pada hari Senin, 01 April 2019. 
Kegiatan tersebut, langsung dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Utara Drs H Suardi, S.H,MM yang didampingi Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama ( FKUB ) Lombok Utara Dr H Muhsin Efendi, MA serta Kapolres Lombok Utara yang diwakili Kasat Intel Saefudin Zuhri. Peserta dalam kegiatan tersebut terdiri dari para anggota FKUB dan Formula, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Budaya dan Adat Istiadat KLU, Camat serta Kepala Desa Se Kabupaten Lombok Utara, kepala KUA se Lombok Utara, Penyuluh Agama Islam Kemenag Kabupaten Lombok Utara serta Pegawai di Lingkup Kementerian Agama Kabupaten Lombok Utara berjumlah 50 orang.

Kegiatan tersebut digelar Untuk mengantisipasi potensi  kerawanan konflik jelang pemilu 2019 yang cenderung sensitif. 

Haji Suparlan, SPd, M.Si selaku ketua panitia dalam sambutannya mengungkapkan bahwa, tujuan dari kegiatan dialog tersebut, untuk meningkatkan pelayanan dan kemudahan bagi umat beragama.
“ Tujuan dari pelaksanaan dialog  Lintas Agama dan Budaya ini untuk meningkatkan pelayanan dan kemudahan bagi umat beragama dalam melaksanakan ibadah, mendorong sserta partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan pelayanan kehidupan beragama “ ungkap H.Suparlan

Sekretaris Daerah Lombok Utara Drs Haji  Suardi,MM dalam sambutan pembukaan kegiatan dialog tersebut  mengungkapkan bahwa kita perlu memperbanyak dialog
“ Kedepannya kita harus memperbanyak dialog – dialog lintas agama atau didalam islam sering disebut dengan silaturahim. Dari 10 kabupaten di Nusa Tenggara Barat Kabupaten Lombok Utara masuk kedalam kabupaten yang paling aman. Ini membuktikan bahwa kegiatan dialog – dialog atau silaturahmi bisa membangun rasa aman dan rukun dan yang perlu diketahui bahwa daerah atau desa dikabupaten Lombok Utara dicanangkan dan menjadi contoh untuk kerukunan umat beragama yaitu Desa Tanjung dan ini merupakan kepercayaan pemerintah pusat bagi kabupaten Lombok Utara bahwa kerukunan umat beragama di kabupaten Lombok Utara cukup bagus., Sehingga kondisi situasi  kita di Lombok Utara terjaga dengan baik  “ ungkap H. Suardi.

Lebih jauh H Suardi memaparkan bahwa silaturahim untuk membangun kerjasama yang baik hal ini dapat kita buktikan bahwa semenjak bahkan sebelum Lombok Utara terbentuk belum pernah Lombok Utara gaduh dan sangat rukun. Kearifan local tetap terbangun sebagai jembatan penghubung antar ummat.
 Berbagai bencana yang terjadi pada beberapa waktu yang lalu dapat diatasi  dengan baik sehingga mendapat apresiasi dari berbagai pihak .(N3G)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru