Lomba Kemampuan Baca Kitab

Sumbawa Besar_Dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) dan Penghulu Kantor Kementerian Agama kabupaten Sumbawa melalui Seksi Bimbingan Masyarakat Islam menggelar lomba Baca Kitab Kuning yang berlangsung di Aula Kantor Kemenag Sumbawa Kamis, 10 Mei 2019.

Hadir pada acara pembukaan Kepala Kantor Kemenag Sumbawa H. Ahmad Taufik, S.Ag, MM, sebagai Tim Juri bersama Kasi Bimas Islam, H.LL.Zainul Taufiqurrahman, S.Hi dan 2 Tim juri lainnya Ustad Munajat, Lc ( Pimpinan Pondok Pesantren Aisyah ), H.Hilaluddin, S.S, ( Guru MAN 2 Sumbawa ).

Dalam Laporan Ketua Panitia Pelaksana H.Hasbullah, S.Hi menjelaskan peserta dalam lomba kali ini berjumlah 10 orang terdiri dari Kepala KUA, Penghulu dan Calon Penghulu dengan tujuan untuk memberikan dorongan kepada Kepala KUA dan Penghulu agar memiliki kemampuan seni baca Kitab Kuning atau Kitab gundul dan untuk memilih yang terbaik sebagai wakil kabupaten Sumbawa di ajang lomba baca Kitab KuningTingkat Propinsi Nusa Tenggara Barat yang di gelar pada akhir Mei mendatang.

Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Sumbawa H. Ahmad Taufik, S.Ag, MM saat membuka kegiatan Lomba tersebut menyampaikan apresiasinya dan berterima kasih kepada panitia pelaksana, Menurutnya kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat penting dalam rangka meningkatkan SDM Kepala KUA dan Penghulu agar lebih memahami tentang “ Kitab Kuning “ karena selama ini hanya dikenal dan dipahami sebagai kitab yang di kaji di Pondok Pondok dan merupakan tulisan Arab tanpa sandangan atau tanda baca.

Dengan adanya lomba baca Kitab Kuning yang di gelar dari tingkat Kabupaten hingga tingkat nasional semua Kepala KUA dan Penghulu semakin mampu dan termotivasi untuk mendalami isi dari Kitab Kuning itu sendiri.

Karena itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa berharap kepada Kepala KUA dan Penghulu agar terus berupaya untuk meningkatkan kualitas diri dan berupaya semaksimal mungkin sehingga hasilnya menjadi lebih baik karena siapapun yang keluar sebagai pemenang atau meraih juara I maka dia sekaligus mewakili Kabupaten Sumbawa di ajang lomba baca Kitab Kuning Tingkat Provinsi NTB tahun 2019, demikian harapan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru