Pemuda Dan Pengurus TPQ Gelar Bukber Bersama Masyarakat Di Mushalla

Ramadhan penuh berkah, penuh dengan kegembiraan dan kebahagian, semua gembira ketika ramadhan membawa banyak kenangan indah yang teramat sulit di lupakan.

Hari Jum'at sore tanggal 26 Ramadhan 1440 H. Bertepatan dengan tanggal 31 Mei 2019 M.  Bertempat di Mushalla Darussalam Dusun Rensing Bat Desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat, Pemuda Remaja Mushalla yang tergabung dalam gerakan pemuda darussalam yang di singkat "Gema Darussalam" bekerjasama dengan pengurus Taman Pendidikan Al qur'an Darussalam menggelar Buka Puasa bersama yang acara tersebut sebelumnya di awali dengan pembacaan hizib nahdatul wathan oleh santri santriwati TPQ Darussalam dan Remaja Mushalla.

Kegiatan ini adalah merupakan  kegiatan rutin di setiap ramadhan sebagai salah satu bentuk menghidupkan tempat ibadah dengan kegiatan keagamaan, disamping sebagai sarana silaturrahmi antar pemuda, santri dan orang tua. Hal ini di sampaikan ketua pengurus mushalla darussalam sekaligus penggagas kegiatan ini, Ibrahim Arifin saat di temui tim media seusai acara Bukber.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kegiatan serupa juga kita laksanakan mulai awal ramadhan kemarin yakni acara Roah kebian menyambut kedatangan ramadhan, kegiatan tersebut juga kita libatkan masyarakat. Selanjutnya setelah acara bukber ini kami bersama remaja mushalla akan mengadakan kegiatan pawai  ta'aruf di malam lebaran mengelilingi desa bersama pemuda dan santri/santriwati TPQ, kegiatan ini di tahun tahun sebelumnya juga pernah kita laksanakan dan merupakan salah satu peserta yang sering menjadi  juara dalam lomba yang di selenggarakan pemerintah desa dan remaja masjid.

Kegiatan tak berhenti di situ, selama ramadhan kegitan seperti pembacaan hizib pada setiap hari jumat sore dan pembacaan al barzanji pada setiap hari senin  sore adalah merupakan kegitan rutin para santri TPQ dan remaja mushalla darussalam, itu semua perlu kita apresiasi dan berikan dukungan, harapnya.

Setelah hari raya Idul Fitri, pemuda dan remaja darusalam juga masih membuat kegiatan dan ini sebagai salah satu rangkaian kegiatan akhir dari sekian banyaknya kegiatan yang pernah di lalui yatu, Wisata tour ke tempat tempat wisata sekitar Pulau Lombok, di sanalah nanti para pemuda remaja ini bergembira meluahkan rasa syukurnya atas telah selesainya melalui banyak kegiatan selama ramahan yang tentunya menguras pikiran dan tenaga. Alhamdulillah berjalan sesuai harapan, terangnya

"Berbagai macam acara kegiatan pernah di gelar adalah merupakan inisiatif semua pemuda dan pengurus mushalla dan pengurus TPQ, semua itu alhamdulillah tak luput dari bantuan dan partisipasi masyarakat khususnya masyarakat sekitar mushalla darussalam, tutupnya.

Sementara itu, salah seorang tokoh pemuda asal dusun Lepok yang kebetulan mendengar tentang kegiatan para pemuda remaja mushalla darussalam yang tak ingin namanya di sebut mengatakan, Kegiatan buka puasa bersama sore itu menjadi  pemersatu dan bukti kompaknya antara masyarakat, pemuda dan santri, jarang jarang kegitan seperti ini bisa di lakukan oleh masyarakat khususnya pemuda di luar sana tanpa ada kekompakan, saya peribadi salut dengan kekopakan masyarakat gubuk madrasah terutama pemudanya, terangnya saat di temui media jumat, 31/5/2019 

Beliau mencontohkan, tempat saya misalnya pemuda dan jamaah mushalla tidak pernah mau kompak dan akibatnya, segala kegiatan yang coba kami laksanakan mentok tidak bisa berjalan sesuai harapan, saya peribadi merasa sedih dengan kondisi masyarakat di tempat saya dan ingin sekali belajar ke pemuda darussalam untuk bisa mengadakan segala kegiatan seperti mereka, tuturnya sedih.

Kegiatan buka puasa sore itu dilaksanakan dengan cukup sederhana karena alakadar makanan yang di sajikan berupa 2 biji kurma, 1 gelas air putih dan nasi bungkus yang berasal dari jamaah sekita mushalla darussalam, selanjutnyaacara tersebut di tutup dengan shalat fardu magrib berjamaah yang di imami ust. Muhammad Asyro, S.Pd.

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru