Kemenag Kab. Bima Gelar Bimbingan Manasik Haji

Kabupaten Bima, KM. Sabtu, 15/06/2019, sebanyak 508 orang calon jema’ah haji 1440 H/2019 M dari kabupaten Bima mengikuti pembukaan kegiatan Bimbingan Manasik Haji. Kegiatan bertempat di Masjid Sultan Muhammad Salahuddin Bima.

Dihadiri Bupati Bima yang diwakilkan oleh Asisten 1 bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. H.M. Qurban, SH, Plt. Kabag Kesra Kabupaten Bima, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bima beserta jajarannya, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bima, Pimpinan BPS BPIH (Bank Penerima Setoran Biaya Perjalanan Ibadah Haji) yakni BNI Syari’ah, BRI Syari’ah, Bank Mandiri Syari’ah, BPD Syari’ah, Ketua MUI Kabupaten Bima, Ketua BAZDA Kabupate Bima, Kepala KUA se Kabupaten Bima, para petugas haji (TPHI,TPIHI dan TKHI) serta para pembimbing haji.

Asisten 1 bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. H.M. Qurban, SH membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Manasik Haji. Atas nama pemerintah kabupaten Bima, Asisten 1 menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh calon jema’ah haji kabupaten Bima karena pada tahun ini mendapatkan kesempatan dipanggil oleh Allah SWT. Tidak semua orang bisa melaksanakan ibadah haji.

Calon jema’ah haji kabupaten Bima patut bersyukur bisa menunaikan ibadah haji karena bagaimana pun menunaikan ibadah haji adalah bagian dari Rukun Islam. Adapun yang pertama dipersiapkan yaitu niat yang ikhlas dan lurus semata-mata karena Allah SWT, sehingga akan diterima oleh Allah SWT. Niat ini tentu saja sudah dimulai pada saat mendaftar haji”, tegas Qurban.

Qurban mengingatkan kepada seluruh calon jema’ah haji harus menjaga kesehatan. Hal ini paling penting karena bagaimana pun ibadah haji lebih banyak menggunakan fisik. Seseorang tidak akan melaksanakan ibadah haji dengan sempurna jika kondisi fisik kurang bagus. “Laksanakan semua Rukun Haji dan Wajib Haji dengan sempurna, jaga diri dari segala yang membatalkan ibadah haji serta ikuti apa saja yang disampikan oleh petugas haji. Semoga seluruh calon jema’ah haji kabupaten Bima mendapatkan predikat Haji Mabrur. Aamiin”, harapnya.   

Pada kesempatan itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bima, Drs. H. Syahrir, M.Si memberikan sambutan. Bimbingan Manasik Haji tingkat kabupaten Bima akan dilaksanakan selama 2 hari, Sabtu (15/06/2019) untuk teori yang dilaksanakan di Masjid Sultan Muhammad Salahuddin, dan Ahad (16/06/2019) untuk praktik manasik di halaman Asi Mbojo. Dilanjutkan dengan Bimbingan Manasik Haji tingkat kecamatan yang akan dilaksanakan selama 8 hari. Materi bimbingan haji berupa teori dan praktik.

Semoga kehadiran kita pada kesempatan ini akan kita jadikan sebagai momentum yang bermanfaat untuk kita mengikuti dengan seksama, mendengar apa saja yang disampaikan oleh para narasumber karena hal ini dalam rangka memberikan pengetahuan dan wawasan dalam melaksanakan serangkaian ibadah haji secara mandiri sesuai dengan tuntunan syari’at sehingga memperoleh Haji Mabrur. Oleh karena itu, manfaatkan momentum ini untuk mengikuti apa yang disampaikan”, jelas Kepala Kantor Kemenag.         

Usai kegiatan pembukaan, jema’ah haji menerima materi pertama yang disampaikan oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bima, Drs. H. Syahrir, M.Si. Kepala Kantor menyampaikan materi terkait ‘Kebijakan Penyelenggaraan Ibadah Haji di Tanah Air dan di Arab Saudi’. Dalam UU Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji menyatakan bahwa Penyelenggaraan Ibadah Haji adalah rangkaian kegiatan pengelolaan pelaksanaan ibadah haji yang meliputi pembinaan, pelayanan, dan perlindungan jema’ah haji. 

Ada 3 kewajiban pemerintah terhadap jema’ah haji, yakni: pembinaan, pelayanan, dan perlindungan jema’ah haji. Pemerintah berkewajiban mengadakan pembinaan terbaik, pelayanan terbaik, serta perlindungan terbaik bagi jema’ah haji”, tegas Syahrir.  

Adapun materi kedua disampaikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bima terkait ‘Kebijakan Pelayanan  Kesehatan Haji’. Dan materi ketiga terkait ‘Hikmah Ibadah Haji, Hak dan Kewajiban Jema’ah Haji’ yang disampaikan oleh H. Jakariah, SH, Kasi Pendidikan Diniyah dan Pontren Kantor Kemenag Kabupaten Bima.  (NR)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru