Bimbingan Manasik Haji Kota Bima

Kota Bima, KM. Kegiatan Bimbingan Manasik Haji tingkat kota Bima digelar Kantor Kementerian Agama Kota Bima Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah sebagai instansi yang menangani penyelenggaraan ibadah haji. Kegiatan Bimbingan Manasik Haji merupakan kewajiban pemerintah terhadap jema’ah haji Indonesia.

Kegiatan Bimbingan Manasik Haji tingkat kota Bima akan berlangsung selama 2 hari, yakni Sabtu (29/06) dan Ahad (30/06), bertempat di halaman Kantor Kementerian Agama Kota Bima.    

Pembukaan Bimbingan Manasik Haji tingkat kota Bima tahun 1440 H/2019 M dibuka secara resmi oleh Walikota Bima, H. Muhammad Luthfi, Sabtu pagi (29/06/2019). Dalam sambutannya Walikota menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh calon jema’ah haji kota Bima. Walikota mengharapkan kepada calon jema’ah haji supaya menjaga ibadah saat berada di Tanah Suci dikarenakan banyak yang lupa ketika bertingkah laku. “Kami berharap seluruh calon jema’ah haji mampu melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan baik dan lancar sehingga memperoleh haji mabrur”, ujarnya.   

Kegiatan dihadiri oleh Sekda Kota Bima, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bima, Ketua MUI Kota Bima, Kabag Kesra Sekda Kota Bima, Ketua Baznas Kota Bima, serta seluruh calon jema’ah haji kota Bima yang berjumlah 205 orang.

Usai pembukaan, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bima, Drs. H.A. Munir menyampaikan materi pertama yaitu: “Kebijakan Pemerintah Dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji. Selanjutnya materi kedua terkait “Pemantapan Manasik Haji Berbasis Qalbu” yang disampaikan oleh H. Nurdin H. Abdullah, BA.

Di hari kedua (Ahad, 30/06), ada 3 materi, yakni: “Melestarikan Kemabruran Haji”, disampaikan oleh H. Abubakar H. Usman, BA, “Kesehatan Haji”, disampaikan oleh dr. H. Arif Budiman, dan “Nilai-nilai Spiritual Ibadah Haji”, yang akan disampaikan oleh Drs. H. Furqan Ar-Roka.    

Sebelumnya, seluruh calon jema’ah haji kota Bima telah mengikuti bimbingan manasik tingkat kecamatan yang dilaksanakan sebanyak 8 kali, 17/06 – 24/06/2019,  dengan perincian 3 kali teori (), dan 5 kali praktik (). Sehingga total bimbingan manasik haji yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama ada 10 kali pertemuan, dengan 30 persen teori dan 70 persen praktik.  (NR)

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru