Terpilih Aklamasi Pengurus Baru Masjid Baiturrahimin Dusun Sajang Sembalun

 

Masjid merupakan tempat yang sangat Penting dan multi fungsi bagi Umat Islam.  Masjid bukan saja sebagai tempat Ibadah Shalat dan I’tikaf, Selain itu masjid juga memiliki fungsi lain seperti fungsi Sosial dan Fungsi Pendidikan.

Masjid merupakan Wadah atau tempat ibadah multi fungsi, bukanlah wadah yang hanya di Khususkan untuk Shalat dan I’tikaf semata. Semua kegiatan positif dan bermamfaat bagi umat dapat dilakukan di Masjid baik itu masalah Agama atau masalah Dunia yang tidak ada larangan Syari’at untuk dilakukan di Masjid seperti Bermusyawarah Perbaikan Jalan dan lain sebagainya.

Pada masa Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasalam Masjid – Masjid sangat makmur. Masjid tidak hanya digunakan sebagai tempat Shalat. Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasalam sebagai Sentral kegiatan pada masa Rasulullah memiliki beberapa fungsi :

  1. Pusat Pembinaan Aqidah dan Akhlak Jamaah
  2. Pusat Pengembangan Agama Islam
  3. Pusat Peribadatan
  4. Pusat Dakwah dan Pelayanan Sosial
  5. Pusat Musyawarah berbagai Masalah
  6. Pusat Pembinaan Ukhuah Islamiah
  7. Pusat penggalangan Potensi Jamaah dan Umat Islam pada umumnya. (Assadullah, 2010:40)

Pemamfaatan Masjid tidak berhenti pada masa Rasulullah, tapi hal ini di lanjutkan pada masa Khulafaur Rosydin, Bani Umayah dan Bani Abbasiyah. Bahkan pada masa Bani Abbasiyah Masjid – Masjid yang didirikan oleh Penguasa dilengkapi dengan sarana dan fasilitas Pendidikan (zuhairini, 1992:99)

Dalam dunia Pendidikan Rasulullah mengunakan Masjid sebagai tempat pengajaran Agama Islam. Pendidikan Islam memilki hubungan erat dengan Masjid. Pendidikan Islam merupakan motor atau mesin bagi Masjid. Masjid tidak akan makmur jika Jamaah atau Masyarakatnya memiliki Pendidikan Islam yang rendah. Pendidikan Islamlah yang mengajak mereka berbondonng – bondong menuju Masjid, mengajarkan mereka betapa pentingnya Shalat berjama’ah. Bahkan Masjid menjadi Pusat Pendidikan Islam.

Terkait dengan pentingya fungsi Masjid dan berakhirnya masa jabatan pengurs lama.

Maka Pengurus Masjid Baiturrahimin dusun Sajang desa Sajang kecamatan Sembalun Lombok Timur meilih Pengurus baru, dengan harapan dapat lebih memaksimalkan program – prgram kegiatan di majid baiturrahimin dusun sajang.

Acara pemilihan tersebut dilaksanakan Ba’da Shalat Jum’at, 5 juli 2019, yang di hadiri oleh tokoh Agama, tokoh Masyarakat, tokoh Adat, tokoh Pemuda dan Jama’ah  yang di pimpin lansung oleh Ketua Panitia pemilihan Pengurus Masjid Bapak Suryawadi, S.Pd.

Dalam Pemilihan tersebut peserta yang hadir sepakat pemilihan dilakukan secara Aklamasi sehingga terpilih secara Aklamasi pengurus baru masjid baiturrahimin dusun sajang yaitu : SUPAIDI, S.Pd.I Sebagai Ketua, SAPARDI,QH.S.Pd. M.Pd.I Sebagai Sekretaris dan BUSRIADI Sebagai Bendahara Selanjutnya  Rapat formatur diserahkan kepada pengurus terpilih.

By: Apenks

KM. Pelangi Rinjani

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru