Sosialisasi Kesehatan Haji 1441 H/2020 M

Kota Bima, KM. Kementerian Agama Kota Bima bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Bima menggelar kegiatan Sosialisasi dan Pembinaan Kesehatan Haji 1441 H/2020 M. Kegiatan yang mengusung tema “Haji Sehat Haji Mabrur” ini dilaksanakan di halaman Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bima, Sabtu pagi (03/08).

Peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 215 orang jema’ah. Pemateri yang dihadirkan ada 3  (tiga) orang, yakni Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima, Drs. H. Azhari, M.Si, Kabag Kesra Setda Kota Bima, H. Ahmad, S.Ag, MM, dan Kepala Seksi (Kasi) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Kota Bima, Drs. H. Furqan Ar Roka.

Drs. H. Azhari, M.Si menyampaikan materi terkait “Pembinaan dan Pelayanan Kesehatan Jema’ah Haji”. Tujuan pemeriksaan kesehatan jema’ah haji, antara lain:  teridentifikasinya kondisi kesehatan dan faktor risiko calon jema’ah haji serta tercatatnya data kondisi kesehatan dan faktor risiko calon jema’ah haji secara benar dan lengkap dalam Buku Kesehatan Jema’ah Haji (BKJH) Indonesia.

Selanjutnya, Kabag Kesra Setda Kota Bima menyampaikan materi “Kebijakan Pemerintah Kota Bima tentang Jema’ah Haji”. Katanya, Insyaa Allah, pada tahun 2020 mendatang, Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Bima akan tetap melaksanakan pembinaan manasik haji dengan memperbanyak simulasi atau praktik.

Sementara Kasi PHU Kantor Kemenag Kota Bima pada kesempatan itu menyatakan rasa syukurnya bagi calon jema’ah haji yang sudah mendapatkan giliran untuk menunaikan ibadah haji pada tahun 2020. Hal ini dikarenakan calon jema’ah haji sudah menunggu selama 9 tahun untuk berangkat ke Tanah Suci.

Alhamdulillah, kegiatan sosialisasi dan pembinaan kesehatan haji berkat kerjasama Dinas Kesehatan dan Kemenag untuk estimasi calon jema’ah haji tahun 1441 H/2020 M berjalan lancar”, pungkas Kasi PHU.   (NR)   

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru