Dialog Tokoh Lintas Agama Antisipasi Dampak Kerusuhan Di Wamena

Kabupaten Bima, Kampung Media. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bima mengadakan kegiatan Dialog Tokoh Lintas Agama, Selasa pagi, (01/10/2019) yang bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bima. Kegiatan ini sebagai tindakan antisipasi terhadap dampak peristiwa kerusuhan yang terjadi di Wamena Papua.

Peserta kegiatan berasal dari berbagai kalangan masyarakat dan profesi di Kabupaten Bima, antara lain: Kapolres Kab. Bima diwakili Kasubag Hukum, Kodim 1608 Bima diwakili Pasi Intel, Kepala Kesbangpol Kab. Bima, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bima, Ketua MUI Kab. Bima, Ketua FKUB Kabupaten Bima beserta pengurus, serta Tokoh Agama Islam, Tokoh Agama Kristen Protestan, Tokoh Agama Kristen  Katolik, dan Tokoh Agama Hindu.

Pada kesempatan tersebut, peserta kegiatan menyajikan pandangan masing-masing. Selanjutnya merumuskan 5 (lima) poin pernyataan sikap sebagai berikut:

  1. Bersama menjaga dan merawat serta memelihara kerukunan inter dan antar umat beragama yang dilandasi rasa toleransi, saling menghormati, dan saling menghargai antar sesama umat beragama.
  2. Menolak hoax, menolak ujaran kebencian, dan mengajak masyarakat untuk tidak gampang percaya pada berita-berita yang berpotensi pada perpecahan umat.
  3. Bersama-sama ikut berpartisipasi mengawasi dan menolak tindakan radikalisme, intoleransi, dan terorisme demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  4. Setiap persoalan yang muncul di tengah-tengah masyarakat yang berpotensi pada terganggunya kerukunan hidup umat beragama akan diselesaikan secara proporsional melalui musyawarah yang dilandasi oleh semangat kebersamaan dan persaudaraan.
  5. Mendorong Pemerintah, Penegak Hukum, dan Aparat Terkait lainnya untuk menyelesaikan persoalan kerusuhan di Wamena Papua sesuai ketentuan yang berlaku.      (NR)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru