LAD Songak Melaksanakan Selakaran

Songak (17/11/2019), pada bulan Rabi'ul Awal umat islam biasanya melaksanakan kegiatan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW karena pada bulan inilah Nabi dilahirkan kedunia, perayaan maulid Nabi Muhammad SAW ini dirayakan dengan berbagaimacam kegiatan dikalangan umat islam kegiatan mulai dari lomba-lomba yang bernafaskan islm,  pengajian sampai dengan ritual-ritual adat dikalangan masyarakat kesemuanya itu hanya Untu memperingati bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW. 

Peringatan maulid juga dilaksanakan oleh berbagai macam kelompok atau ormas ilsam dan bahkan sampai instansi pemerinthan, tidak ketinggalan Lembaga Adat Dharma Djagat Desa Songak juga melaksanakan kegiatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW. Lembaga Adat Dharma Djagat Desa Songak menggelar Maulid dan selakaran ke rumah-rumah warga yang mempunyai hajat atau minat untuk sekalaran mengagungkan nama Nabi Muhammad SAW dirumahnya.

Seperti yang diungkapkan oleh ketua Lemabaga Adat Dharma Djagat Desa Songak Bapak Mastur Sonsaka "Lembaga Adat Dharma Dgajat Desa Songak menggelar maulid adat yakni bejarik minyak Songak pada tanggal 12 Rabi'ul Awal dan Selakaran membaca Al-Barjanzi di rumah-rumah warga".

Selanjutnya Mastur sapaan akrab ketua Lembaga Adat mengungkapkan "Kegiatan ini selain menjadi program keagamaan juga bagian dari cara pengurus lembaga adat untuk bersilaturrohim dengan warga atau masyarakat Desa Songak".

Kegiatan selakaran keliling ini bisa dikatakan program yang baru dilaksanakan dikalangan masyakat Songak, selakaran pembacaan Al-Barjanzi boasanya kita hanya temukan dimasjid pada setiap malam Jum'at dan pada saat sebelum jemaah haji berangkat melaksanakan ibadah hajinya. Program selakaran ini direspon positif oleh kalangan masyarakat Songak bahkan masyarakat menginginkan kegiatan semcam ini terus dilaksanakan meski diluar bulan Rabi'ul Awal. 

"Kegiatan selakaran keliling ini sangat baik Desa Songak terasa hidup, karena setiap malamnya kita bisa dengar pujian terhadap kekasih Allah yakni Nabi Muhammad SAW, juga bisa bersilaturrohmi dengan yang lainnya berdiskusi memcahkn masalah dan banyak sekali manfaat yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu" pungkas Rifa'i salah satu warga Desa Songak yang aktif ikut serta dalam melaksanakan program selakaran ini. 
Selakaran atau pembacaan Al-Barjanzi merupakan kegiatan yang akan dilaksanakn oleh Lembaga Adat Dharma Djagat Desa Songak pada saat bulan Rabi'ul Awal tiba, pelaksanaannya dari tanggal satu sampai dengan akhir bulan Rabi'ul Awal bertajuk Songak Berselakar duduk bersama Rasullullah. 

"Semoga dengan terus mengagungkan nama Allah dan mengungkapkan kecintaan kepada Rasul Allah kelak kita dapat syafa'atnya dihari akhir" tutup Mastur selaku ketua Lembaga Adag Dharma Djagat Desa Songak. 

-Efoel's Avicenna-

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru